Senin, 29 November 2021, WIB
Breaking News

Senin, 10 Agu 2020, 17:54:42 WIB, 2384 View Administrator, Kategori : Ekonomi & Bisnis

SULTRABERITA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Pengembangan (Balitabang) mematakan standar daya saling Sultra pada empat bidang. Masing-masing bidang infrastruktur, kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM)

            Pengukuran ini sangat penting untuk mengetahui index daya saing daerah Sultra di level nasional. Adanya index standar daya saing yang akurat akan membantu iklim investasi swasta di Sultra.

            Hal tersebut disampaikan Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding disela Lokakarya Penguatan Index Daya Saing Daerah, Senin 2 Desember 2019 “Ini adalah langkah positif, upaya untuk tahu seberapa sih daya saing kita Sultra dengan provinsi lain di Indonesia. Selanjutnya akan jadi standar pengukuran nasional. Ada 78 indikator daya saing dari sisi infrastuktur kelembagaan SDM dan kedalaman inovasi. Tahun 2020 mulai berjalan,” jelas Sukanto.

            Lokakarya Kelitbangan Penguatan Index Daya saing Daerah Sultra Standarisasi berperan penting dalam fasilitasi transaksi kegiatan sektor swasta di daerah. Index daya saing akan mendukung pengembangan industri. Mempromosikan kemajuan ilmiah, dan mengatur tata pemerintahan sosial. Bagi negara-negara maju, standar digunakan sebagai infrastruktur untuk melindungi pasar di wilayahnya (Technical Barierto Trade) dan standar juga digunakan untuk menguasai pasar dunia.

            Kecuali Sulawesi Selatan, index daya saing Sultra, lanjut Sukanto saat ini masih berasa di level yang sama dengan seluruh provinsi di Sulawesi. “Sulawesi selatan lebih maju. Datanya lebih lengkap. Sultra belum sempurna makanya 2020 kita mulai memetakan, menghitung itu semua agar kita bisa tercatat dalam standar daya saing nasional,” ujar Sukanto.Adm

Penulis : Sitti Sahara



Dukung Kawasan Wisata Sebagai Kuliner Lokal, Balitbang Sultra Beri Pelatihan Warga Leppe
Jumat, 17 Sep 2021, 06:41:50 WIB, Dibaca : 87 Kali
Program KEKASI ABG-KU Balitbangda Provinsi Sulawesi Tenggara
Jumat, 22 Jan 2021, 07:12:30 WIB, Dibaca : 1189 Kali
DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI LEWAT PENGEMBANGAN EBT DI SULAWESI TENGGARA.
Senin, 10 Agu 2020, 18:05:30 WIB, Dibaca : 1967 Kali

Tuliskan Komentar