Senin, 29 November 2021, WIB
Breaking News

Kamis, 06 Agu 2020, 19:21:33 WIB, 3198 View Administrator, Kategori : Teknologi & Informasi

MENUJU SMART CITY BARU LIMA DAERAH YANG  KEMBANGKAN PELAYANAN DIGITAL

KENDARIPOS.CO.ID-Era digitalisasi memudahkan aktivitas, pemerintah mulai menerapkan layanan public  berbasis digital. Lima daerah di sultra telah  menggagas pelayann untuk menjadi Smart City. Pemprov Sultra akan membuat regulasi informasi satu data.

          Master plannya sementara dikerjakan oleh Diskominfo. Upaya ini juga guna penyatuan kerangka membangun Smart City. Saat ini suadah ada lima daerah yang mulai mengembangkan system aplikasi sebagai cikal bakal untuk Smart City. Masing-masing Kendari, Bau-bau, Kolaka, Konsel, dan Bombana, Buka kepala Balitbang Sultra,  Sukanto Toding saat lokakarya fasilitasi inovasi implementasi Smart  City. Kemarin (10/22) di Claro Hotel Kendari.

           Katanya, Penerapan Smart City berbasis Kabupaten/Kota. Pemprov hanya berperan penguatan antar lembaga, dengan system e-government yang diatur dalam pepres No.95 tahun 2018 tentang system Smart City. Semua system akan terkoneksi dengan aplikasi, semacam interaksi antara pemerintah dan masyarakat secara digital. Dengan begitu, kata dia, masyarakat akan menjadi pengawas langsung dan penginput informasi. Ini sangat baik jika dapat diterapkan secara optimal. Sementara itu, kasubdit layanan aplikasi infromatika pemerintahan daerah dirjen aptika kemenkominfo. Hasyim Gautama mengatakan, konsep Smart City adalah pola pikir untuk memunculkan inovasi daerah.

          Tidak harus bidang teknologi informasi, inovasi juga terbuka untuk dibangun di bidang lain. “Biasanya pembangunan di daerah by Sektor, sekarang kita dorong by inovasi, dan inovasi tidak hanya informasi”, Ungkapnya.

            Implementasi Smart City dengan sebuah system adalah sebuah keharusan yang harus bersama-sama dikerjakan. Smart City itu akan disupport oleh big data atau system yang terpusat. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam penilaian kota pintar ini.

           Daerah-daerah yang berlabel Smart City akan dinilai dengan berbagai indicator penilaian, antara lain Smart Brandinng, Smart Mobiliyty dan Smart Environment. (rah/b)

Penulis: Sitti Sahara (P3E118016)



Inovasi Baru, Distannak Sultra Launching Aplikasi GISINFOSP
Jumat, 10 Sep 2021, 03:25:28 WIB, Dibaca : 297 Kali
Balitbang Sultra Gelar Focus Group Disscusion
Sabtu, 10 Jul 2021, 17:14:28 WIB, Dibaca : 456 Kali
Balitbang Sultra Kembangkan Jurnal Melalui Open Jurnal System
Kamis, 01 Jul 2021, 08:13:56 WIB, Dibaca : 791 Kali

Tuliskan Komentar