Senin, 29 November 2021, WIB
Breaking News

Jumat, 10 Sep 2021, 03:25:28 WIB, 297 View Administrator, Kategori : Inovasi Daerah

KENDARI – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distannak) Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan inovasi baru dengan melaunching aplikasi Geospasial Sistem Informasi Prasarana dan Sarana Pertanian (GISINFOSP) di salah satu Hotel Kota Kendari, 21 Agustus 2021 lalu. 

Aplikasi tersebut untuk memudahkan petani dalam mengakses informasi terkait prasarana dan sarana pertanian. Bahkah, menyediakan seluruh informasi mengenai kegiatan di Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Distannak Sultra.

Aplikasi GISINFOSP merupakan proyek perubahan yang digagas Kepala Bidang PSP Distannak Sultra Endah Susilowati, S.TP., MM.

Endah Susilowati mengatakan, proyek perubahan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Administrator yang sedang diikuti Kepala Bidang PSP Distannak. 

Tidak lain, lanjut menjelaskan, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan layanan informasi terutama bidang prasarana dan sarana pertanian ke masyarakat.

“Jadi masyarakat khususnya petani akan lebih mudah mencari lokasi kios pupuk dengan satu klik di aplikasi tersebut. Dan bahkan, petani  dapat mempercepat produktifitas di Sultra,” ucap Endah Susilowati.

Sementara itu, Kepala Distannak Sultra Drs. Muhamad Djudul, M.Si mengatakan, transparansi informasi publik menjadi suatu keniscayaan di era digital saat ini. Aplikasi ini sebagai salah satu bentuk dukungan Distannak Sultra terhadap program pemerintah tersebut.

“Selain sebagai wujud transparansi informasi publik, juga bisa menjadi sarana untuk memonitoring kegiatan, termasuk kecurangan-kecurangan yang mungkin bisa terjadi di lapangan, bisa kita minimalisir dengan adanya aplikasi ini,” ucap Kadistannak.

Ia juga menambahkan, seluruh informasi kegiatan Distannak Sultra akan tersedia di dalam website Distannak Sultra sehingga mudah diakses oleh masyarakat. 

"Situs Distannak Sultra juga akan terintegrasi dengan website Pemerintah Provinsi Sultra, sultraprov.go.id," tuturnya. (hrk)



Inovasi Baru, Distannak Sultra Launching Aplikasi GISINFOSP
Jumat, 10 Sep 2021, 03:25:28 WIB, Dibaca : 297 Kali
Balitbang Sultra Gelar Focus Group Disscusion
Sabtu, 10 Jul 2021, 17:14:28 WIB, Dibaca : 456 Kali
Balitbang Sultra Kembangkan Jurnal Melalui Open Jurnal System
Kamis, 01 Jul 2021, 08:13:56 WIB, Dibaca : 791 Kali

Tuliskan Komentar