Senin, 29 November 2021, WIB
Breaking News

Kamis, 02 Sep 2021, 17:12:22 WIB, 2543 View Administrator, Kategori : Inovasi Daerah

KENDARI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra di Kantor BPS Sultra, Senin 30 Agustus 2021.

Rapat tersebut membahas persiapan MoU pengintegrasian aplikasi Sistem Informasi Layanan Statistik (Syantik) dan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Terintegrasi dalam Mendukung Keterbukaan Informasi (SIMDATA BUKA INFO).

Aplikasi Syantik merupakan program yang di bangun BPS Sultra, sedangkan SIMDATA BUKA INFO merupakan proyek perubahan yang dirancang oleh Kadis Kominfo Sultra dalam Diklat PIM II.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala BPS, Agnes yang didampingi oleh Fatur salah satu penanggungjawab data statistik di BPS Sultra. Sementara dari pihak Diskominfo Sultra hadir Kepala Dinas, Ridwan Badallah yang didampingi oleh Sekdis Kominfo, Ahmad Yasir serta Kabid Data Center, Andi Asnawati.

Ridwan Badallah berharap dengan munculnya aplikasi itu dapat direalisasikan dan dipakai untuk kebutuhan pendataan satu pintu di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, Agnes mengatakan, MoU BPS dengan Pemprov melalui Dinas Kominfo Sultra telah menyepakati dukungan Satu Data Indonesia (SDI), seperti yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019. 

Selain itu, SDI merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antar Instansi Pusat serta Daerah yang seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia.

"Tujuan pengintegrasian untuk mendukung keterbukaan informasi publik dan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengakses data agar publik memperoleh informasi melalui satu sistem informasi layanan satu data," tulis Agnes dalam siaran pers melalui website Pemprov. 

Ridwan Badallah menambahkan bahwa Pemprov Sultra bakal merencanakan akan Launching SATU DATA tersebut pada bulan Oktober atau bulan November tahun ini.

"Faktor pendukung SIMDATA BUKA INFO adalah penguatan infrastruktur, jaringan, aplikasi, dan sumber daya manusia," ungkapnya. 

Pemprov Sultra melalui Diskominfo Sultra pekan depan akan melaksanakan Sosialisasi Aplikasi SYANTIK milik BPS disusul Bimtek Pemanfaatan Aplikasi dengan melibatkan 10 OPD yang telah mengintegrasikan websitenya dengan website Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. (hrk)



Sukanto Toding Pimpin Korpri Sultra Periode 2021-2026
Kamis, 18 Nov 2021, 17:31:01 WIB, Dibaca : 32 Kali
Ajang MTQ V Korpri Nasional di Kendari, Kepala Balitbang Sultra Sambut Kafilah Kalteng dengan Selend
Senin, 15 Nov 2021, 07:16:44 WIB, Dibaca : 37 Kali
Balitbang Sultra Hadiri Kegiatan Promosi dan Diseminasi Paten
Sabtu, 23 Okt 2021, 18:53:41 WIB, Dibaca : 141 Kali

Tuliskan Komentar