Senin, 29 November 2021, WIB
Breaking News

Jumat, 17 Sep 2021, 06:41:50 WIB, 87 View Administrator, Kategori : Inovasi Daerah

KONAWE - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan terobosan dalam mendukung kawasan wisata sebagai kuliner lokal salah satunya di Desa Leppe, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. 

Upayah-upayah yang dilakukan Balitbang Sultra adalah memberikan edukasi atau pelatihan kepada warga Desa Leppe, Sabtu 28 Agustus 2021. Pelatihan itu tentang riset dan pengembangan iptek kuliner lokal dalam mendukung kawasan wisata terpadu toronipa. 

Kepala Balitbang Sultra, Dra. Hj. Isma., M.si menjelaskan bahwa kawasan wisata perlu dikembangkan karena hal itu sebagai sektor penting dalam pembangunan ekonomi seperti peningkatan kegiatan perekonomian dan lain sebagainya. 

Ia juga mengatakan, pihaknya memberikan edukasi tentang bagaimana cara untuk menghasilkan olahan pangan dari sumber daya alam di tempat tersebut. 

"Saya memberikan contoh, misalnya di tempat ini memiliki banyak sumber daya alam seperti sagu, jadi kami ajarkan cara mengeringkan supaya tahan lama, dikemas dengan rapi, hingga menjadi produk kuliner lokal yang siap jual," papar mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya mengajarkan agar kuliner lokal ini dapat digemari oleh setiap pengunjung apabila dikemas dengan olahan yang berstandar nasional. 

"Jadi dengan kegiatan ini kita berharap bisa membimbing masyarakat agar dapat hidup mandiri dengan kuliner lokalnya," ucap Kepala Balitbang Sultra. (hrk)



Dukung Kawasan Wisata Sebagai Kuliner Lokal, Balitbang Sultra Beri Pelatihan Warga Leppe
Jumat, 17 Sep 2021, 06:41:50 WIB, Dibaca : 87 Kali
Program KEKASI ABG-KU Balitbangda Provinsi Sulawesi Tenggara
Jumat, 22 Jan 2021, 07:12:30 WIB, Dibaca : 1190 Kali
DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI LEWAT PENGEMBANGAN EBT DI SULAWESI TENGGARA.
Senin, 10 Agu 2020, 18:05:30 WIB, Dibaca : 1968 Kali

Tuliskan Komentar