Senin, 29 November 2021, WIB
Breaking News

Rabu, 22 Jul 2020, 06:07:31 WIB, 1599 View Administrator, Kategori :

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Memudahkan pelayanan kepada masyarakat, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan sistem informasi berbasis online.

Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding, mengatakan, sistem informasi kelitbangan ini berisi tiga item, yakni, sistem pelayanan Inovasi Daerah (SI-IDA), sistem pelayanan perizinan penelitian, dan sistem pelayanan perpustakaan daring (online) atau e-library.

“Sistem informasi kelitbangan ini merupakan upaya adaptasi Balitbang Sultra terhadap tuntutan era digital dan pelayanan online yang menjadi keharusan di zaman ini,”katanya.

Sukanto menambahkan, dalam penerapannya ketiga item tersebut memiliki fungsi masing-masing.

SI-IDA, merupakan portal informasi sebagai forum interaksi komunikasi Inovasi daerah yang dapat digunakan oleh perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan dunia usaha.

Sedangkan untuk sistem pelayanan perizinan penelitian, dan sistem pelayanan perpustakaan daring, merupakan item yang dibuat melayani proses izin penelitian dan mengambil data dari perpustakaan Balitbang untuk melakukan studi penelitian, baik mahasiswa S1, S2, S3, maupun masyarakat umum.

Selain itu, kata Sukanto, peluncuran sistem informasi kelitbangan ini merupakan salah satu paket implementasi Informasi teknologi secara daring yang menjadi rangkaian agenda 100 hari Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Maka untuk mengurus perizinan penelitian atau mengakses informasi untuk dijadikan sebagai data penelitian, masyarakat cukup mengakses sistem informasi kelitbangan ini dengan membuka portalnya yaitu http://litbangsultraprov.id,”ungkapnya.

 

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Dahlan



“SMART-EDU” UNTUK SULTRA CERDAS
Minggu, 23 Agu 2020, 14:05:39 WIB, Dibaca : 0 Kali
Balitbang Sultra Luncurkan Sistem Informasi Online
Rabu, 22 Jul 2020, 06:07:31 WIB, Dibaca : 1599 Kali

Tuliskan Komentar